Jumat, 14 Oktober 2016

Komunikasi itu apa?




Pada zama modern ini kita pasti sering melakukan komunikasi baik komunikasi secara langsung maupun secara tidak langsung atau melalui perantara. Mulai dari generasi muda dan tua tak lepas dari komunikasi namun masih banyak yang belum mengerti apa itu komunikasi, fungsi komunikasi dan jenis-jenis komunikasi itu apa aja sih? Berikut penjelasan seputar komunikasi

PENGERTIAN KOMUNIKASI
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain.

JENIS-JENIS KOMUNIKASI
Ada bermacam - macam jenis komunikasi, antara lain :
  1. KOMUNIKASI MENURUT CARA PENYAMPAIAN
a. Komunikasi Lisan
Komunikasi yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, dimana dua belah pihak dapat bertatap muka, misalnya dialog dua orang, wawancara maupun rapat dan sebagainya.

b. Komunikasi Tertulis
Komunikasi Tertulis adalah komunikasi yang dilaksanakan dalam bentuk surat dan dipergunakan untuk menyampaikan berita yang sifatnya singkat, jelas tetapi dipandang perlu untuk ditulis dengan maksud-maksud tertentu. Contohnya, naskah, spanduk, dll

2. KOMUNIKASI MENURUT KELANGSUNGANNYA
a. Komunikasi Langsung
Proses komunikasinya dilaksanakan secara langsung tanpa bantuan perantara orang ketiga ataupun media komunikasi yang ada dan tidak dibatasi oleh jarak.

b. Komunikasi Tidak Langsung
Proses komunikasinya dilaksanakan dengan bantuan pihak ketiga atau bantuan alat-alat atau media komunikasi.

3. KOMUNIKASI MENURUT PERILAKU
a. Komunikasi Formal
Komunikasi yang terjadi diantara anggota organisasi / perusahaan yang tata caranya telah diatur dalam struktur organisasinya, misalnya rapat kerja perusahaan, konferensi, seminar dan sebagainya.

b. Komunikasi Informal
Komunikasi yang terjadi di dalam suatu organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi dan tidak mendapat pengakuan resmi yang mungkin tidak berpengaruh terhadap kepentingan organisasi atau perusahaan, misalnya kabar burung, desas-desus, dan sebagainya.

c. Komunikasi Nonformal
Komunikasi yang terjadi antara komunikasi yang bersifat formal dan informal, yaitu komunikasi yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi atau perusahaan dengan kegiatan yang bersifat pribadi anggota organisasi atau perusahaan tersebut, misalnya rapat tentang ulang tahun perusahaan, dan sebagainya

4. KOMUNIKASI MENURUT RUANG LINGKUP
Komunikasi berdasarkan ruang lingkup dapat dibedakan sebagai berikut :

Komunikasi Internal
Komunikasi Internal ini dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu :
  • Komunikasi Vertikal, yaitu komunikasi yang terjadi dalam bentuk komunikasi dari atasan kepada bawahan, misalnya perintah, teguran, pujian, petunjuk dan sebagainya.
  • Komunikasi Horisontal, yaitu komunikasi yang terjadi di dalam ruang lingkup organisasi/ kantor diantara orang-orang yang mempunyai kedudukan sejajar.
  • Komunikasi Diagonal, yaitu komunikasi yang terjadi di dalam ruang lingkup organisasi atau kantor diantara orang – orang yang mempunyai kedudukan tidak sama pada posisi tidak sejalur vertikal.
Komunikasi Eksternal
Komunikasi yang berlangsung antara organisasi atau perusahaan dengan pihak masyarakat yang ada di luar organisasi misalnya siaran televisi, radio, bakti sosial, dll.

5. KOMUNIKASI MENURUT ALIRAN INFORMASI

  • Komunikasi Satu Arah, pengirim berita berkomunikasi tanpa meminta umpan balik.
  • Komunikasi Dua Arah, penerima dapat dan memberi umpan balik.


TUJUAN KOMUNIKASI

Komunikasi bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam memahami informasi yang di berikan. Selain itu, komunikasi bertujuan untuk mendidik dengan menggerakan orang lain untuk melakukan sesuatu. 


SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar