Minggu, 07 Mei 2017

Implementasi Total Quality Management Terhadap Analisa Website Pemerintah



Tiara Azalia Putri

Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Universitas Gunadarma

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa website pemerintahan yang dilakukan dalam bentuk pengumpulan data, kemudian menganalisis data tersebut dengan menggunakan beberapa tools mengenai perkembangan, keadaan, serta demografik dari situs web pemerintahan dalam bidang transportasi. Dengan metode studi pustaka dan pengambilan data melalui situs web penyedia data trafik. Website yang di pilih untuk di analisa antara lain web Direktorat Jenderal Perhubungan Laut ( hubla.dephub.go.id) , Direktorat Jenderal Perhubungan Darat ( hubdat.dephub.go.id) , serta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara ( hubud.dephub.go.id) . 
 Adapun aplikasi yang digunakan untuk menganalisa website yaitu similarweb.com, alexa.com, statshow.com dan gtmetrix.com. Kemudian akan dilakukan pengecekan standar dari situs web tersebut dan melakukan analisa model-model TQM mana yang dapat diimplementasikan sebagai standar untuk situs web tersebut. Hasil dari analisa menunjukkan bahwa sebaiknya pemerintah melakukan pembenahan laman, baik dari sisi tampilan maupun isi atau konten yang harus selalu diperbaharui secara berkala.

PENDAHULUAN
Setiap pemerintahan diwajibkan memiliki portal penghubung dengan masyarakat, dalam hal ini portal tersebut berbentuk situs web. Situs web yang dapat diakses oleh masyarakat luas secara nasional maupun internasional untuk mempermudah masyarakat dalam mencari informasi melalui internet. 
Dalam suatu website di perlukan adanya Total Quality Management atau standar kualitas manajemen. Kualitas terbaik akan diperoleh dengan melakukan upaya perbaikan secara terus-menerus terhadap kemampuan manusia, proses, dan lingkungan. Penerapan TQM adalah hal yang sangat tepat agar dapat memperbaiki unsur-unsur tersebut secara berkesinambungan.

Penerapan TQM pada sektor publik adalah perbaikan pelayanan, pengurangan biaya dan kepuasan pelanggan. Perbaikan progresif dalam sistem manajemen dan kualitas pelayanan menghasilkan peningkatan kepuasan pelanggan. 
METODE PENELITIAN
Metode penelitian menggunakan kumpulan barbagai macam data.. Analisa dilakukan dengan bantuan 3 aplikasi yaitu similarweb.com yang digunakan untuk mendapatkan data analytic trafik dari laman yang akan dianalisis, alexa.com statshow.com yang digunakan sebagai tambahan data analytic dari laman yang akan dianalisis.
dan gtmetrix.com yang digunakan untuk mendapatkan data kecepatan muat laman secara internasional, serta web ini digunakan untuk melihat besarnya halaman dalam MB (Megabyte) yang di muat oleh browser setiap kali membuka laman. 
Dalam analisis ini akan membandingkan beberapa data kuantitatif dan kualitatif yang dikelompokkan menurut subjeknya yaitu :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar